Selasa, 20 Oktober 2015

Usaha Boleh Beda, Tapi Sudut Pandang Bisa Sama

Penjual Siomay keliling dan CEO Perusahaan Customer Goods nasional adalah dua profesi yang berbeda. Bahkan mungkin bisa diibaratkan bumi dan langit he he he. Dari ritme kerja, nilai omset yang dikelola hingga segmen pasarnya.

Namun, keduanya bisa punya kesamaan dalam mengambil keputusan usaha.

Setiap hari penjual siomay keliling perlu menetapkan arah jualan nya besok. Maksudnya keluar rumah itu akan jalan belok kanan, belok kiri atau lurus. 
Ia juga harus berhitung berapa banyak siomay yang bisa ia jajakan hari ini, dan berapa modal yang harus ia keluarkan untuk belanja bahan baku dan biaya produksi dalam pembuatan siomay.

Seorang CEO setiap saat harus bisa mengendalikan arah perusahaan, mengambil keputusan keputusan penting terkait produk, pasar, pelanggan, produksi dll.

Kedua orang diatas saya ilustrasinya sedang memainkan peran penting dalam sebuah kegiatan usaha.

Pedagang siomay bertindak sebagai manager dan pelaksana sekaligus, sedangkan CEO sebagai pengambil  keputusan penting dalam perusahaan.

Kecepatan, ketepatan dan kejelian dalam mengambil keputusan, sama sam harus  dimiliki keduanya.
Pembeda utama adalah tingkat risiko yang dihadapi. Dalam hal risiko,  Penjual Siomay akan menghadapi tingkat risiko yang lebih sedikit ketimbang risiko yang akan ditanggung CEO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar