Rabu, 03 Juli 2013

Bagaimana Menjaga Kesehatan Mata

Sumber: Tabloid LENSA wirausaha Edisi 03
Mata merupakan salah satu indera tubuh manusia yang sangat penting karena berfungsi untuk melihat. Meskipun demikian, sering kali kita kurang memperhatikan kesehatan mata. Hingga terjadi banyak penyakit yang menyerang mata tidak dapat terdeteksi sejak dini. Gangguan kesehatan pada mata yang tidak segera mendapat tindakan medis yang baik, dapat menyebabkan gangguan penglihatan bahkan terparah sampai kebutaan.
Imawan, Pemilik Optik Livina Raman Utara, Lampung Timur
Menurut Imawan, Gangguan penglihatan yang paling sering dialami adalah rabun, yang dapat dibedakan menjadi dua jenis. Yang pertama berupa rabun ketika melihat benda letaknya jauh. Yang kedua adalah rabun ketika melihat benda pada jarak dekat.
Semua gangguan kesehatan mata jenis rabun,merupakan gangguan memfokuskan bayangan benda yang dilihat atau kelainan refraksi (Ametropia).
Kelainan refraksi  adalah terjadinya penyimpangan sinar-sinar sejajar yang dipantulkan dari benda yang kita lihat. Sinar-sinar tersebut dibiaskan oleh lensa mata dalam keadaan rileks tidak tepat pada retina, ujar Imawan. 

Untuk menghindari terjadinya kelainan mata, berikut ini tips yang diberikan oleh Imawan, pemilik Optik Livina untuk Anda.
  1. Jangan terlalu lama jika menatap peralatan dengan sumber cahaya yang kuat seperti komputer, Televisi, handphone dan lain-lain.  Setiap 30 menit sekali Istirahatkan mata Anda  selama 5 hingga 10 menit. Setelah dirasakan segar, Anda bisa melanjutkan aktivitas kembali
  2. Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi dapat memicu penyakit darah tinggi yang akan mempengaruhi kesehatan mata
  3. Hindari konsumsi alkohol dan  makanan yang mengandung zat kimia. Zat yang terkandung didalam minuman keras dan makanan yang memiliki kandungan zat kimia yang terlalu tinggi dapat memepengaruhi kesehatan mata.
  4. Agar Anda dapat mengetahui terjadinya gejala kelaianan pada mata Anda, lakukan pemeriksaan mata Anda secara rutin minimal 1 tahun sekali. Lebih dianjurkan jika dilakukan setiap 6 bulan sekali. 
  5. Jika ternyata Anda memiliki gangguan kesehatan mata, hindari menggunakan kacamata yang tidak memenuhi standar kesehatan (tidak memiliki anti radiasi)
  6. Jika gangguan tersebut mengharuskan anda menggunakan kacamata, carilah tempat atau pihak yang  ahli di bidang ini  dan perlu menggunakan resep dokter.
  7. Kunjungi tempat atau pihak yang menyediakan layanan optikal atau klinik mata terdekat dan terpercaya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar