Rabu, 03 Juli 2013

LENSALAM Edisi 03 ; Kekalnya Perubahan



Meminjam istilah yang sering digunakan para motivator,”tidak ada yang abadi didunia ini kecuali perubahan”. Bahwa perubahan akan selalu ada sampai kapanpun. Termasuk dalam menjalankan sebuah usaha. Perubahan bisa disebabkan faktor dari luar atau faktor dari dalam usaha itu sendiri.  Kenaikan BBM pada Sabtu 22 Juni 2013 pukul 00.00 wib adalah salah satu contoh faktor dari luar yang bisa menjadi penyebab terjadinya perubahan-perubahan dalam sebuah usaha.
Namun demikian usaha mikro, kecil dan menengah, telah terbukti ampuh dan diakui mampu menahan guncangan krisis ekonomi dan krisis global yang pernah melanda Indonesia pada 2 dasawarsa terakhir. Semoga penaikan BBM tahun ini juga menghadirkan bukti baru mengenai keandalan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
Menurut pendapat Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarief Hasan, pengembangan usaha kecil menengah tidak akan terhambat oleh kenaikan harga BBM. Meski secara realistis, dampak dari kenaikan bahan bakar tersebut akan tetap ada, tidak akan sampai mematikan usaha mikro yang ada di masyarakat (http://m.jpnn.com).
Bagi Anda yang telah memilki usaha, apa yang anda pikirkan dan hendak dilakukan menyikapi kenaikan harga BBM? Apakah Anda berusaha untuk menaikan harga produk atau layanan agar bisa menyesuaikan naiknya biaya produksi?  Atau justru sebaliknya melakukan efisiensi pada proses produksi, melakukan penghematan-penghematan dengan tetap mempertahankan harga jual produk/layanan usaha Anda?
Anda bisa memilih salah satu atau kedua-duanya. Ataupun Anda memiliki cara-cara lain yang lebih jitu dan teruji dalam menyiasati kenaikan harga BBM.  Yang pasti, kenaikan BBM bisa dijadikan sarana untuk membuat usaha makin “dewasa” menyikapi terjadinya perubahan kondisi. Kuncinya Anda harus tetap optimis, dan berfikir positif.
Kekalnya Perubahan
Dalam melakukan aktifitas persiapan dan penerbitan Tabloid ini kami pun harus melakukan perubahan-perubahan. Dari dapur redaksi hadir nama-nama baru sebagai bagian dari keinginan besar kami untuk memperluas wilayah distribusi Tabloid ini. Selain itu juga terjadi perubahan-perubahan posisi kru, yang merupakan bagian dari proses belajar yang harus kami jalani dalam rangka menghadirkan tabloid yang memberi manfaat bagi pembaca.
Bagi Anda pembaca setia Tabloid Lensa Wirausaha, pada edisi ini Anda bisa menemukan informasi seputar peluang budidaya ikan air tawar, yang makin terbuka. Hal ini seiring dengan makin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan lauk-pauk yang memiliki kandungan protein tinggi, terutama pada momen menjelang bulan Ramadhan.  Peningkatan kebutuhan ikan air tawar tentu saja berbanding lurus dengan kian besarnya potensi hasil dari para pembudidaya ikan.
Bulan Ramadhan sudah berada didepan mata. Satu hal yang selalu menjadi hangat untuk dibicarakan adalah dimana sajakah tempat yang menyediakan takjil buka puasa.
Pada edisi ini kami mengumpulkan informasi tempat yang menyediakan takjil buka puasa. Hal ini kami muat semata-mata untuk memudahkan Anda dalam menemukan tempat yang menjual kebutuhan berbuka puasa. Semoga bermanfaat.
Akhirnya Segenap Kru Tabloid LENSA Wirausaha mengucapkan “Selamat Mejalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1434 H”. Sucikan hati, pikiran dan tindakan dalam menggapai Ridho Allah. Sukses Selalu (tr 03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar