Sabtu, 18 Maret 2017

Belajar Membuat Analisa Usaha

Setiap orang yang akan memulai usaha hendaknya membuat perhitungan yang matang tentang usaha yang akan dijalankan. Dari berbagai cerita teman atau kenalan saya, ketika akan mulai usaha perorangan, mulai menghitung dari potensi modal, omset lalu keuntungan.

Perhitungan sederhana dan mudah dilakukan. Istilahnya hitungan "diatas kertas". Bisa dilakukan sambil ngobrol-ngobrol singkat atau menganalisa di permukaan.

Tidak ada yang salah bila usaha dimulai dengan dasar  perhitungan sederhana. Kalau itu bisa membuat semangat untuk memulai usaha (gairah usaha) bisa bangkit. Asal kemudian dibarengi dengan melakukan perhitungan lain.

Tidak juga  harus dimulai dengan perhitungan yang rumit. Tapi beberapa pakar telah melahirkan teori ampuh yang bisa menjadi referensi untuk membuat analisa usaha yang lebih baik.

Sebagai contoh teori 5 P (Product, People, Place, Price, & Promotion). Lima unsur dasar ini bisa dijadikan dasar analisa dan perhitungan  awal untuk memulai usaha.

Saya tidak akan membahas secara detil tentang  5 P. Tulisan ini sekedar sarana saya untun menuangkan refleksi tentang bagaimana memulai usaha.

Banyak usaha berhasil tanpa melakukan analisa yang kompleks. Tapi tidak sedikit pula usaha merugi karena dijalankan tanpa perencanaan dan analisa usaha yang matang.
Salam Wirausaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar