Minggu, 16 Oktober 2016

Terinspirasi Kasdani Petani Pepaya California

Kasdani warga Pekon Dadi Sari Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus baru sekali menanam pepaya jenis California. Ia menanam pada dua lokasi. Di lahan sawah ia menanam 216 batang , dan Di pekarangan menanam 57 batang pepaya. Usia tanamannya saat ini 8 bulan. Ia sudah memetik 4 kali dengan.jumlah hasil panen 1.000 kg.

Pada saat Suyatno (Sekretaris Kube Tunas Kesuma) berkunjung ke lokasinya, Kasdani tengah memanen pepaya ke 5 kali. Penulis sempat mengikuti aktifitas Kasdani siang ini, mulai darin pemanenan, pengangkutan hingga pemuatan ke mobil.

Buah pepaya yang dipanen Kasdani adalah buah pepaya yang telah memiliki semburat warna kuning di sebagian buah pepaya.

Setelah buah dipetik, Jasmani.kemudian mengumpulkan dan.dimasukkan ke karung plastik untuk memudahkan pengangkutan buah pepaya dari sawah ke rumah.

Sementara buah pepaya yang ditanam di pekarangan cukup dikumpulkan di tepi jalan saja.

Proses pengepakan buah pepaya dilakukan oleh pembeli buah pepaya. Kasan (Warga Kota Agung Tanggamus) adalah pedagang pengumpul yang membeli hasil.panen Kasdani dan warga Pekan.Dadi Sari Lainnya yang hari itu memanen pepaya.

Kasan mengaku setiap 2 hari sekali ia membutuhkan 1 rit mobil truk sedang dengan muatan 8 ton buah pepaya. Ia juga masih memiliki 1 armada angkut lagi yang bisa membawa 2 ton pepaya. Kasan.mengaku setiap 2 hari ia membawa 10 ton pepaya dari wilayah Kecamatan Wonosobo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar