Senin, 23 Maret 2015

Kerajinan dari Limbah Bambu

Lampung Timur - Diperdesaan, kayu  dan bambu mudah kita junpai. Karena kedua bahan ini merupakan benda yang kerap digunakan oleh masyarakat dalam membuat bangunan, perabotan atau barang lainnya. Sisa dari kedua benda ini (sering disebut limbah) juga mudah ditemukan dimana mana. Limbah bambu dan kayu jarang digunakan oleh warga desa. Kalaupun ada sebagian saja yang dijadikan kayu bakar.
Melihat banyaknya bahan-bahan ini, Saung KCJ berinisiatif untuk memanfaatkan limbah kayu dan bambu untuk membuat kerajinan kaligrafi dan nama.
Berlokasi di Dsn 3 Tanjung Kesuma Purbolinggo Lampung Timur, Saung ini memberi kesempatan kepada pelajar dan pemuda untuk belajar bersama mengolah limbah bambu dan kayu ini.
Hingga saat ini, beberapa model kaligrafi sudah mulai dibuat, mulai hiasan dinding dengan Lafaz Allah dan Muhammad, juga tulisan nama yang dibuat menyerupai huruf kaligrafi.  Kerajinan ini dikerjakan secara manual, menggunakan peralatan sederhana seperti gergaji, amplas dan sugu. Sedangkan bahan yang diperlukan antara lain, limbah bambu, limbah kayu, dempul dan vernish.
Dibutuhkan ketelitian dalam mengerjakan kerajinan tangan ini. Saat ini Saung KCJ sedang mengembangkan pemanfaatan limbah ini sebagai ajang belajar dan berkreasi bagi pelajar dan pemuda. Namun kedepan  hasil kerajinan ini akan dijual, sembari memperbaiki kualitas dan keragaman produk kerajinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar