Jumat, 01 Februari 2013

Definisi Wirausaha

Sering sekali kita mendengar istilah wirausaha , wiraswasta, pebisnis, pengusaha dan seterusnya untuk mendefinisikan suatu profesi yang dirintis sendiri untuk menghasilkan produk atau layanan.

Untuk lebih melengkapi pengertian wirausaha ada beberapa sumber yang saya jadikan referensi untuk menulis artikel ini.   diantaranya:

  1. Kewirausahaan (entrepreneurship) memiliki beberapa pengertian. Kata entrepreneur sebenarnya berasal dari kata Perancis, entreprendre yang berarti “undertake.” Dalam kaitannya dengan dunia bisnis, kata tersebut berarti langkah awal memulai suatu bisnis. Dalam kamus The Merriam-webster dictionary “entrepreneur is one who organizes, manages, and assumes the risk of a business or enterprise”.  (http://www.ut.ac.id)
  2. Wirausahawan (bahasa Inggris: entrepreneur) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. ( http://id.wikipedia.org)
Kedua definisi tersebut diatas, dapat saya tafsirkan bahwa seorang wirausaha  adalah orang yang memiliki kemampuan untuk  mengorganisir sumber daya , kemampuan menjalankan manajemen dan mau memahami resiko yang timbul dari apa yang dilakukannya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar