Minggu, 27 Januari 2013

MELIRIK USAHA PEMBUATAN BATU BATA

Batu bata merupakan salah satu material penting dalam membangun rumah. Sekalipun saat ini ada material lain yang bisa menggantikan fungsi batu bata, namun masyarakat masih banyak yang memilih menggunakan batu bata sebagai bahan untuk  membangun rumah. Di Kecamatan Purbolinggo, pada bulan-bulan tertentu (Agustus - November), pada  saat masyarakat banyak yang membangung atau merenovasi rumah kebutuhan akan batu bata meningkat tajam, hingga terkadang masyarakat kesulitan mencari batu bata. 
Kondisi ini juga diakui pemilik usaha pembuatan bata (Tobong Bata) Warijan (38 tahun) Warga Dusun VI Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur mengatakan bahwa pada bulan tertentu masyarakat harus pesan batu bata sejak proses pencetakan (bata mentah).  Batubata yang di bakar seperti pada gambar dibawah ini  biasanya telah habis di pesan pembeli. 
Warijan memulai usaha pembuatan batubata dengan cara konvensional, artinya semua proses menggunakan peralatan sederhana dan dilakukan menggunakan tenaga manusia.  Hal ini masih mungkin dilakukan karena masih tersedia tenaga kerja, namun kendala yang dihadapi adalah kapasitas produksi yang lambat dan belum bisa memenuhi permintaan pasar.
Potensi usaha pembuatan batu bata masih cukup besar apalagi jika di lakukan dengan perlatan  modern dan kapasitas produksi maksimal, mungkin saja bisa menjadi pilihan peluang usaha bagi pembaca.. Semoga.

1 komentar:

  1. terima kasih informasinya semoga bermanfaat gaes, thanks
    semangat pagi
    https://batubatajepara.com

    BalasHapus