Sabtu, 08 Juli 2017

Belajar Meraih "Kemerdekaan" Ekonomi

Program Belanja Terencana Adalah sebuah Gerakan Moral yang dikembangkan agar semua orang untuk memiliki Kedaulatan dan Martabat Ekonomi.

Berkaca pada filosofi generasi pendahulu kita (orang tua, kakek dan Buyut kita) "Hanya akan membeli barang setelah memiliki cukup uang untuk membeli". Generasi yang memiliki Pola Hidup bersahaja.

Generasi Gemar menyimpan.
Menggunakan Peribahasa "Sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit" baik dalam bentuk uang atau bahan untuk kebutuhan tertentu.

Merasa memiliki harga diri jika mebelanjakan uang atau menggunakan barang milik sendiri. Tidak mudah menerima uluran tangan orang lain. Selama masih memiliki kesempatan, akan tetap berusaha sekuat tenaga agar bisa memiliki barang yang dibutuhkan.

Faktanya saat ini, nilai dan kearifan tersebut  telah banyak mengalami pergeseran.

Ditengah gaya hidup yang makin konsumtif, karena mengejar gengsi dan status sosial ti9nggi, kita kerap memuaskan "keinginan" dengan cara instan.

Memenuhi keinginan dengan cara "Gadai, Jual atau Kredit" sudah seperti sudah melekat dan menjadi bagian dari gaya hidup saat ini.

Menggadaikan barang berharga untuk mendapat uang, menjual benda berharga atau aset penting untuk memenuhi keinginan atau meminjam uang atau barang tertentu agar bisa dipakai dulu dan bayar angsurannya kemudian.

Apakah karena mudahnya mendapat fasilitas pinjaman atau pembiayaan tersebut, lalu semua pemenuhan barang kebutuhan hidup kita akan ditempuh dengan cara "pakai dulu bayar kemudian".

Sadarkah bahwa semakin kita terlena dan merasa nyaman dengan itu, kemerdekaan ekonomi kita semakin terbelenggu. "Sebuah Kenyamanan semu dibalik situasi yang sesungguhnya sangat Tidak Aman".

Apakah kita bisa membebaskan diri secara frontal? Jika bisa, bagus.. Jika belum bisa, lakukan secara perlahan.

Kita lakukan secara bertahap mengurangi ketergantungan kita terhadap  orang lain.

Mulai dengan barang kebutuhan tertentu. Kiya diberi akal dan pikiran untuk merencanakan pemenuhan sampai mengatur cara pemenuhan barang yang kita butuhkan.

Tak perlu merasa gengsi jika memang bisa memenuhi barang dengan cara menyimpan, sekalipun
perlu waktu lama, tetapi kita akan merasa semakin tenang.

Martabat kita sebagai manusia yang merdeka secara ekonomi harus mulai di kembalikan.

Karena kita mampu berdaya secara sosial dan ekonomi.

Suyatno
COO Koperasi Konsumen Tunas Belimbing Indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar