Kamis, 04 Agustus 2016

Kube Tunas Kesuma Budidaya Pepaya

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Tunas Kesuma didirikan oleh warga desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung pada Bulan Mei 2016.

Ide awal pendirian KUBE Tunas Kesuma ini adalah untuk meningkatkan pendapatan warga Desa Tanjung Kesuma dengan memanfaatkan sisa lahan pekarangan warga dengan budidaya pepaya.
Kegiatan budidaya pepaya oleh masyarakat ini, dimulai dengan sosialisasi dari dusun ke dusun yang dilakukan pengurus KUBE Tunas Kesuma. Tujuan sosialisasi ini adalah mengajak warga untuk melihat sekeliling lahan pekarangan apakah masih ada yang kosong dan bisa dimanfaatkan untuk ditanami pepaya.

Berikutnya Pengurus Kube Tunas Kesuma juga menyampaikan perbandingan analisa jenis tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura. Tujuannya adalah agar warga memiliki pilihan  komoditas dalam pemanfaatan lahan pekarangan.

Pada materi berikutinya Pengurus Kube Tunas Kesuma juga menyampaikan tentang teknik budidaya pepaya. Teknik ini mengacu pada pola tanam yang telah dilakukan di lokasi lain yang telah bertahun tahun membudidayakan pepaya jenis yang sama.

Pada Sesi penutup kegitan Sosialisasi, Pengurus Kube Tunas Kesuma menguatkan pemahaman akan pentingnya berkelompok, manfaat yang bisa diterima oleh anggota dan keuntungan lainnya ketika melakukan budidaya tanaman pepaya secara berkelompok.

Secara Umum Kegiatan yang telah dilakukan Oleh KUBE Tunas Kesuma adalah sebagai berikut:
1. Pembentukan Kelompok Usaha Bersama
2. Penyusunan Program kerja KUBE tahap awal
3. Sosialisasi kepada warga masyarakat
4. Tanam Perdana Pepaya sekaligus Pencanagan Gerakan pemanfaatan lahan pekarangan
5. Perluasan program kemitraan Pepaya di Desa Tanjung Kesuma













Tidak ada komentar:

Posting Komentar