Minggu, 21 Desember 2014

Temu Wirausahawan "Mitra Jaya Group" Dengan BRI Cabang Metro

Lampung Timur - Makin tinggi minat seorang pelaku usaha untuk membesarkan usaha, makin tinggi pula kebutuhan terhadap fasilitas kresit dari lembaga keuangan.
Hal inilah yang melandasi Mitra Jaya Group Tanjung Kesuma Purbolinggo Lampung Timur untuk menggelar temu Wirausaha bersama BRI Metro pada Jumat 19 Desember 2014. Bertempat di kediaman Agus Cholik (Pimpinan Mitra Jaya Group) acara ini dihadiri 40 -an pelaku usaha yang berasal dari kecamatan Purbolinggo dan Way Bungur.
Acara yang dibawakan oleh Dadang Suryana (UD. Mutiara Plastic Recycling), selaku MC ini dilaksanakan secara tertib.
Useng, selaku perwakilan Mitra Jaya Group menyampaiak ucapan terimakasih atas kehadiran pelaku usaha Mitra Jaya Group dan pihak BRI Cabang Metro atas kesediannya hadir dikediaman pimpinan Mitra Jaya Group.
Sugianto HS. selaku Kepala Desa Tanjung Kesuma mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Mitra Jaya Group dalam mempertemukan para pelaku usaha yang memiliki usaha di Desa Tanjung Kesuma dan sekitarnya. Menurutnya, sarasehan ini bisa menjadi momentum yang baik bagi terjalinnya silaturahmi antar pelaku usaha di Tanjung Kesuma khususnya dan Lampung Timur pada umumnya. Iklim usaha yang kondusif akan menjadi faktor yang berpengaruh baik pada perkembangan usaha. Oleh karena itu hendaknya pelaku usaha senantiasa bisa merapatkan barisan agar bisa dijadikan alat untuk mencapai keberhasilan bersama.
Ferdian Nuansyah dari BRI Cabang Metro  juga memberikan
rasa terimakasih karena telah diberi kesempatan untuk bertemu para wirausahawan di Desa Tanjung Kesuma. Pada acara ini tim BRI Cabang Metro yang terdiri dari Bpk. Farid Novianto, Ibu Sari, Yullina Devvie Sari, Septian Hermawan, dan beberapa tim lainnya akan memberikan informasi terkait produk dan layanan BRI kepada masyarakat.
Usai sambutan sambutan, acara kemudian dilajutkan dengan sarasehan wirausahawan dan BRI yang di fasilitasi oleh Suyatno (Majalah Lensa Wirausaha). Suyatno mengawali sarasehan dengan menghadirkan fakta pelaku usaha mikro yang selama ini kerap dijadikan obyek kredit dari lembaga keuangan. Padahal seharusnya pelaku usaha dan Lembaga keuangan berdiri sejajar karena pada hakekatnya sama-sama membutuhkan. Fakta lainnya, selama ini pelaku usaha banyak gagal dalam menetaskan ide dan rencana pengembangan usaha karena tidak memiliki keberanian untuk menjalin kerjasama dengan lembaga keuangan. Pada saat menjalanjan proses usaha, seorang wirausahawan kerap mengalami kendala dan kegagalan dan kadang kesulitan menemukan mitra yang baik yang bisa membantu memfasilitasi dalam menemukan solusi.
Atas dasar inilah sarasehan kali ini bisa menjadi momentum penting bagi pelaku usaha. Sarasehan ini bisa berjalan karena ada upaya dari Mitra Jaya Group, BRI, pemerintah Desa Tanjung Kesuma dan para pelaku usaha.
Pada sesi selanjutnya , Ibu Sari menjelaskan mengenai program Simpanan yang memiliki kemudahan dala m fitur dan layanan. Semua layanan yang berbasis simpanan  ditujukan untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan tanpa harus pergi ke Bank. Brilink adalah program kemitraan yang  memungkinkan nasabah bisa melakukan berbagai teransaksi keuangan dari rumahnya. Program ini memungkinkan seorang mitra seperti memiliki ATM pribadi.
Pada bagian lain, Ibu Susi juga menjelaskan program BPJS Ketenagakerjaan yang sudah waktunya menjadi kebutuhan setiap pelaku usaha. Program ini menyediakan layanan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua.
Program ini sangat relevan bagi wirausahawan dalam melindungi tenaga kerja/karyawan sebuah usaha baik di sektor formal maupun non formal.
Ibu Susi mengajak seluruh pelaku usaha agar bisa mengikuti program pemerintah Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini sebagai  alat untuk melindungi pekerjanya dari berbagai risiko baik pada saat bekerja, maupun pada saat karyawan tersebut mengalami kecelakaan kerja maupun pada masa seorang pekerja  memasuki masa pensiun.
Pada sesi pinjaman, Ferdian Nuansyah memaparkan jenis pinjaman yang bisa dilayani BRI. Untuk pinjaman dengan nilai dibawah 100 juta maka bisa dilakukan di BRI Unit. Sedangkan untuk nilai pinjaman 100 juta hingga 2 Miliar bisa dilakukan di BRI Cabang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar