Jumat, 02 November 2012

PURBOLINGGO CARNAVAL 2012

Hari ini ,Minggu 28 Oktober 2012 ribuan warga masyarakat dari berbagai lapisan umur tumpah ruah memenuhi jalan yang menuju Lapangan Merdeka Kecamatan Purbolinggo dan jalan yang akan menjadi rute Purbolinggo Carnaval 2012. Masyarakat  sangat antusias menyambut kegiatan Purbolinggo Carnaval 2012 yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 84 di Kecamatan  Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur . 



Acara ini di ikuti oleh peserta pelajar dari sekolah TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, desa dan beberapa kelompok dari Kecamatan Purbolinggo . Beragam tampilan disuguhkan oleh 53 kelompok peserta, mulai dari marchingband, peragaan busana adat, kesenian tradisional, hingga  peragaan kreasi. Dari seluruh tampilan yang cukup menyedot perhatian adalah hadirnya Barong dan Ogoh-Ogoh Bali yang diusung oleh SMA Ma'arif NU 5 Purbolinggo Lampung Timur.
Tidak kalah menarik  pula penampilan dengan tema kesenian Reog Ponorogo yang merupakan penampilan andalan SDN1 Taman Endah yang didukung oleh Aparat Desa Taman Endah.

Masih banyak penampilan lain yang tidak mungkin penulis jabarkan satu persatu mengingat banyaknya peserta dengan berbagai  jenis tema dan kreasi yang ditampilkan. Satu hal yang bisa menjadi catatan dari kegiatan Purbolinggo Carnaval 2012 adalah, pelajar dari tingkat TK hingga SMA masih memiliki kecintaan yang begitu tinggi terhadap kebudayaan Indonesia. Ini adalah cerminan rasa cinta tanah air yang diwujudkan dengan apresiasi yang tinggi terhadap keragaman budaya nusantara. Jika apresiasi ini mampu dipertahankan semoga saja bisa menjadi "benteng" pertahanan bagi kebudayaan asli  Indonesia yang saat ini beberapa item di klaim negara lain sebagai kebudayaannya. Tentu sangat menyedihkan jika sampai ini meluas..

Semoga melalui kegiatan Purbolinggo Carnaval 2012, semangat nasioanilsme dan apresiasi terhadap kebudayaan asli Indonesia tetap dikobarkan..... sejak dini.
Bravo Purbolinggo....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar