Sabtu, 13 Februari 2016

Budidaya Puyuh Menjanjikan. Pasar Lokal Kekurangan Pasokan

Lampung Timur - Beternak burung Puyuh selama ini identik dengan telur sebagai hasil utama yang diharapkan. Padahal kebutuhan daging puyuh juga tidak kalah menjanjikan.
Seperti yang di lakukan Saifurrohman. Meski Ia baru memulai budidaya puyuh pedaging beberapa bulan lalu, ia optimis usaha ternak puyuh memiliki peluang cukup menjanjikan.

Ditemui disela memberi pakan pada puyuh yang berusia 7 hari, Ipung (begitu ia biasa disapa) menceritakan pengalamannya. "Beternak puyuh pedaging hanya memerlukan waktu 29 hari. Saya mulai dengan ratusan ekor dulu sambil menjajaki kemampuan pasar lokal", papar Ipung.
Dalam satu periode budidaya yang singkat ini juga tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar.
"Harga bibit puyuh sekitar empat ratus rupiah, kemudian pembuatan kandang kurang dari 200 ribu, tinggal beli pakan dan perawatan",
ringkasnya.


Untuk teknik budidaya menurut lelaki yang tinggal di Dusun III, Tanjung Kesuma Purbolinggo ini, sebenarnya sangt mudah dan bisa sebagai usaha sampingan ibu ibu rumah tangga. Lahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu luas. Bisa memanfaatkan ruang gudang dirumah, atau ruang bangunan yang lain yang selama ini belum dimanfaatkan.

Namun demikian Ipung mengingatkan bahwa kalau ternak puyuh ini dijadikan usaha sambilan ya harus siap dengan hasil awal yang belum besar.  Namun paling tidak sudah bisa untuk menambah biaya kebutuhan sehari hari. 

Namun demikian dengan ketekunan dan keseriusan bukan tida mungkin usaha ternak ini dibesarkan skalanya dan memberikan tambahan penghasilan yang signifikan.


Mengenai pemasaran, Ipung menceritakan pengalamannya bahwa pasar lokal di beberapa Kecamatan Lampung Timur saja saat ini sudah membutuhkan  ribuan ekor puyuh pedaging.  Sementara ia baru bisa memasok ratusan ekor per minggu.  "Peluang budidaya puyuh masih sangat terbuka, karena  saat ini peternak burung puyuh pedaging masih jarang", tegasnya.

Sehari hari Ipung menjalankan usaha jasa jahit pakaian dibawah nama Helfi Collection. Selain itu Ipung Juga dipercaya sebagai Ketua Bidang Pengembangan SDM di Organisasi Karang Taruna Kesuma Dirgantara Desa Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur. (Ytn-2016).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar